RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Sekolah : SMP
Negeri 1 Kotabaru
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Semester : 1 (Satu)
Alokasi waktu : 4 Jam pelajaran (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaan nya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan
kongruen
PERTEMUAN 1
Indikator : 1.1.1 Membedakan dua bangun datar sebangun atau
tidak
sebangun
A. Tujuan Pembelajaran
Dengan
pendekatan saintifik siswa membedakan
dua bangun datar sebangun atau tidak sebangun
B. Materi Ajar
Dua buah bangun dikatakan
sebangun jika:
1.
panjang sisi – sisi yang
bersesuaian pada kedua bangun tersebut memiliki perbandingan yang senilai
2.
sudut – sudut yang bersesuaian
pada kedua bangun tersebut sama besar
C. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pendekatan saintifik
Pendekatan : Saintifik
Metode : Example Non Example
D. Langkah-langkah kegiatan
|
LANGKAH
|
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
|
|
PENDIDIK
|
PESERTA
DIDIK
|
||
|
KEGIATAN AWAL
|
Ø Sebagai apersepsi memberikan pertanyaan tentang jenis – jenis
bangun datar
Ø Sebagai motivasi memberitahukan manfaat materi ini untuk
menyelesaikan soal-soal pada bangun datar
Ø Menyebutkan tujuan pembelajaran yaitu membedakan dua bangun datar sebangun atau tidak
sebangun
|
Ø Sebagai apersepsi menjawab pertanyaan tentang jenis – jenis bangun
datar
Ø Sebagai motivasi mengetahui manfaat materi ini untuk menyelesaikan
soal-soal pada bangun datar
Ø Mendengarkan tujuan pembelajaran yaitu membedakan dua bangun datar sebangun atau tidak
sebangun
|
Kreatif
|
|
KEGIATAN INTI
|
Ø Eksplorasi
1.
Mengamati
Menampilkan beberapa gambar bangun datar di papan
tulis
2.
Menanya
Menanyakan pendapat siswa mengenai gambar-gambar
tersebut
3.
Mencoba
Meminta siswa untuk menggambar sepasang bangun datar
yang sebangun dan sepasang bangun yang tidak sebangun
Ø Elaborasi
4.
Mengasosiasi
Meminta siswa menggambar beberapa pasang bangun yang
sebangun dan beberapa pasang bangun yang tidak sebangun
Ø Konfirmasi
5.
Mengomunisasikan
Meminta siswa
mempresentasikan hasil kerjanya kepada rekan-rekannya
|
Ø Eksplorasi
1.
Mengamati
Memperhatikan beberapa gambar bangun datar di papan
tulis
2.
Menanya
Mengemukakan pendapat mengenai gambar-gambar tersebut
3.
Mencoba
Menggambar sepasang bangun datar yang sebangun dan
sepasang bangun yang tidak sebangun
Ø Elaborasi
4.
Mengasosiasi
Menggambar beberapa pasang bangun yang sebangun dan
beberapa pasang bangun yang tidak sebangun
Ø Konfirmasi
5.
Mengomunisasikan
Mempresentasikan
hasil kerjanya kepada rekan-rekannya
|
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
Ø Membimbing membuat kesimpulan
Ø Memberikan penilaian
Ø Menginformasikan materi berikutnya yaitu kekongruenan
|
Ø Bersama-sama membuat kesimpulan
Ø Menjawab soal penilaian
Ø Menerima informasi tentang materi berikutnya yaitu kekongruenan
|
Tanggung jawab
Kreatif
Disiplin
|
PERTEMUAN 2
Indikator : 1.1.2 Membedakan dua bangun datar kongruen atau
tidak
kongruen
A. Tujuan Pembelajaran
Dengan
pendekatan saintifik siswa membedakan
dua bangun datar kongruen atau tidak kongruen
B. Materi Ajar
Dua buah bangun
dikatakan kongruen jika:
1.
panjang sisi – sisi yang
bersesuaian pada kedua bangun tersebut memiliki ukuran yang sama
2.
sudut – sudut yang bersesuaian
pada kedua bangun tersebut sama besar
C. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pendekatan saintifik
Pendekatan : Inquiry
Metode : Example Non Example
D. Langkah-langkah kegiatan
|
LANGKAH
|
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
|
|
PENDIDIK
|
PESERTA
DIDIK
|
||
|
KEGIATAN AWAL
|
Ø Sebagai apersepsi memberikan pertanyaan tentang bangun datar yang
sebangun
Ø Sebagai motivasi memberitahukan manfaat materi ini untuk
menyelesaikan soal-soal pada bangun datar
Ø Menyebutkan tujuan pembelajaran yaitu membedakan dua bangun datar kongruen atau tidak
kongruen
|
Ø Sebagai apersepsi menjawab pertanyaan bangun datar yang sebangun
Ø Sebagai motivasi mengetahui manfaat materi ini untuk menyelesaikan
soal-soal pada bangun datar
Ø Mendengarkan tujuan pembelajaran yaitu membedakan dua bangun datar kongruen atau tidak
kongruen
|
Kreatif
|
|
KEGIATAN INTI
|
Ø Eksplorasi
1.
Mengamati
Menampilkan beberapa gambar bangun datar di papan
tulis
2.
Menanya
Menanyakan pendapat siswa mengenai gambar-gambar
tersebut
3.
Mencoba
Ø Meminta siswa untuk menggambar sepasang bangun datar yang kongruen
dan sepasang bangun yang tidak kongruen
atau tidak kongruen
Ø Elaborasi
4.
Mengasosiasi
Ø Meminta siswa untuk menggambar beberapa pasang bangun yang kongruen atau tidak kongruen dan beberapa pasang bangun yang tidak kongruen atau tidak kongruen
Ø Konfirmasi
5.
Mengomunisasikan
Mempersilakan
siswa mempresentasikan hasil kerjanya kepada rekan-rekannya
|
Ø Eksplorasi
1.
Mengamati
Memperhatikanbeberapa gambar bangun datar di papan
tulis
2.
Menanya
Mengemukakan pendapat mengenai gambar-gambar tersebut
3.
Mencoba
Ø Menggambar sepasang bangun datar yang kongruen atau tidak kongruen
dan sepasang bangun yang tidak kongruen
atau tidak kongruen
Ø Elaborasi
4.
Mengasosiasi
Ø Menggambar beberapa pasang bangun yang kongruen atau tidak kongruen
dan beberapa pasang bangun yang tidak kongruen atau tidak kongruen
Ø Konfirmasi
5.
Mengomunisasikan
Mempresentasikan
hasil kerjanya kepada rekan-rekannya
|
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
Ø Membimbing membuat kesimpulan
Ø Melakukan penilaian
Ø Menginformasikan materi berikutnya yaitu kesebangunan dan
kekongruenan segitiga
|
Ø Bersama-sama membuat kesimpulan
Ø Menjawab soal-soal penilaian
Ø Menerima informasi tentang materi berikutnya yaitu kesebangunan
dan kekongruenan segitiga
|
Tanggung jawab
Kreatif
Disiplin
|
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Matematika untuk kelas IX 3A, M.Cholik
Adinawan Sugijono, Erlangga 2008
2. Lingkungan Sekitar siswa
F. Penilaian
Tehnik :
Tes tertulis
Bentuk Instrumen :
Essay
Instrumen :
1.
Perhatikan gambar berikut!
Bangun manakah yang sebangun?
Mengapa?
2.
Perhatikan gambar berikut!
Bangun
manakah yang kongruen? Mengapa?
KUNCI JAWABAN :
1.
Bangun ABCD dan EFGH
Alasan :
a.
setiap sudut-sudut yang
bersesuaian sama besar
b.
2.
Bangun ABCD dan RSCM
Alasan :
a.
setiap sudut-sudut yang bersesuaian
sama besar
b.
AB = RS, BC = SC, CD = CM, dan
DA = MR
PENSKORAN : Setiap item jawaban 25
Komentar
Posting Komentar